SEAtrip Day 12 – Leaving Laos

Hari ini saya akan menaiki the ride from hell dari Vientiane ke Hanoi. Banyak berita yang saya baca di internet bahwa perjalanan ini tidak nyaman, lama (26 jam) dan mengerikan. Tapi murah.

Bis akan menjemput saya sekitar jam 5 sore. Jadi hari ini saya di penginapan hanya leyeh2 dan istirahat mempersiapkan stamina.

Jam setengah 6 sore jemputan saya datang, berupa mobil jumbo. Bersama saya ada beberapa orang lainnya yang juga pergi ke dengan travel agent yang sama.

Saat melihat bis kami, anggapan pertama saya adalah, lumayan. Mirip seperti bis antarkota di Jawa untuk kursinya. Bedanya adalah layout bis. Terdiri dari dua lantai. Lantai pertama adalah tempat supir, kenek dan bagasi. Sebenarnya ada toiletnya, tapi ketutupan berbagai macam barang jadi ya gak bisa dipakai. Seperti kebiasaan orang Vietnam, kami para turis diberi tempat duduk paling belakang. Saya bersama tiga orang turis amerika dan tiga orang turis argentina. Semuanya laki-laki. Ada dua orang lokal yang duduk di belakang. Satu bersama saya, satu lagi bersama si turis amerika. saya kesian sama mereka yang kakinya panjang2, sementara leg room di bus ini kecil sekali. Buat kaki saya aja nyaris ngepas.

Perjalanan baru mulai sekitar jam 7 malam. Jam sepuluh malam kami berhenti di entah di mana. Ada sebuah warung nasi kecil di sana tempat kami makan malam. Saya memanfaatkan kesempatan tersebut untuk ke toilet, karena gak tau di mana lagi bakal ketemu toilet. Saya membeli makan malam berupa nasi, tahu, dan tumis kembang kol seharga 50.000 kip. Enak masakannya.Yuk lanjut lagi perjalanannya.

Tips:

Di travel agent ada dua pilihan: Seating AC USD 18 dan VIP USD 30. Percayalah itu bisnya sama aja. ambil yang USD 18 aja. Salah satu turis Amerika yang bareng saya bayar USD 30 dan dia kaget saat tau saya hanya bayar USD 18.

Ada juga yang sleeper, USD 35. Sedikit lebih nyaman karena bisa tiduran. Kecuali kalau tinggimu lebih dari 170cm, itu bakal mesti nekuk kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *