Gallery

RESEP PUDING ROTI

Sejak sukses pada percobaan pertama bikin puding roti ini, bawaannya pengen bikin melulu kalo liat ada stok roti, telur, dan susu. Bahan utamanya itu aja sih, sisanya bahan pelengkap yang boleh dipakai, boleh nggak. Jauh lebih enak kalau dipakai.

Bahan:
* 4 lembar roti tawar. Mau yang berkulit boleh, nggak juga boleh.
* 2 butir telur ukuran sedang, kocok lepas.
* 300 ml susu cair putih. Bisa pakai susu cair kemasan, susu bubuk dicairin, atau susu kental manis dicairin. Bebas, sob.
* ½ cup gula. Ini takarannya disesuaikan aja, kalo seneng manis ya ditambah aja.
* 1 sdm margarin dan 1 sdm butter, dicairkan.
* 1 bks vanilla, buat wangi-wangiin, opsional.

Pelengkap:
* Kismis, meises, pisang yang sudah dihancurkan. Boleh pakai salah satu aja, atau semuanya, bebas. Gue lenih sering pakai kismis.

Cara:
* Sobek-sobek roti tawar, gak usaj pakai perasaan, biasa aja. Taruh di mangkok yang agak besar.
* Tuang susu, aduk-aduk sampai roti hancur.
* Tuang telur kocok, aduk.
* Tuang pelengkap, aduk.
* Tuang gula dan mentega+butter cair, aduk merata.
* Ambil loyang atau pinggan tahan panas, oles dengan butter, tuang adonan.

Nah untuk langkah terakhir ini ada dua pilihan: kukus atau panggang.

Bedanya dihasil akhir. Kalau kukus, hasil akhirnya halus dan licin seperti selayaknya puding. Kalau panggang, hasil akhirnya jadi kayak cake bantet gitu, kasar. Gue sendiri lebih suka yang dikukus.

* Kalau mau kukus: panaskan kukusan, taruh loyang/pinggan, tutup. Kukus sekitar 30 menit.
* Kalau mau panggang: panaskan oven, taruh loyang/pinggan, panggang sampai matang. Berhubung gak pernah bikin pakai oven, jangan tanya gue ukuran panas dan lamanya manggang XD

* Setelah matang, angkat loyang/pinggan, diamkan sampai puding dingin, baru balik loyang/pinggannya buat ngeluarin puding. Kalo panas-panas udah dipaksa mau dikeluarin dari wadah, suka ancur gitu.

Udah. Makan deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *