[Review] Aplikasi Situs Iklan Jual Beli Barang Bekas OLX

Setelah beberapa waktu belakangan ngobrolin belanja online dan jual beli barang bekas saya tertarik mencoba-coba aplikasi situs iklan baris jual beli barang bekas yang bernama OLX. Bisa diunduh di Google Play Store untuk Android atau iTunes untuk iOS 
Tampilan Muka

Ternyata pemakaiannya mudah sekali. User Interface-nya gak ribet dan berlebihan. Secukupnya saja. Begitu masuk ke aplikasi, di halaman depan kita sudah langsung disuguhkan berbagai kategori iklan yang tersedia. Kalau lagi selo mau lihat satu persatu berdasarkan iklan terbaru, bisa langsung klik di kategori tersebut. 
Kalau malas dan mau langsung ke barang yang dicari, bisa pakai menu search yang iconnya kaca pembesar di kanan atas. Lalu ketik nama barang yang kita cari. Misalnya, saya lagi cari Parker pen.
Hasil Pencarian Parker Pen
Hasil pencarian bisa disimpan dulu seandainya kita masih mau cari barang lain, atau belum mau transaksi dalam waktu dekat.
Simpan Hasil Pencarian

Hasil Pencarian Yang Telah Disimpan
Note: Jangan lupa, OLX sangat menekankan untuk transaksi dengan cara Cash On Delivery atau langsung bertemu muka dengan penjual. Selain makin terjamin keamanannya, lebih enak kalau ketemuan langsung kan. Bisa lihat baragnya langsung, kalau ada apa-apa bisa dibicarakan langsung dengan penjual.
Selain buat mencari barang, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk menjual barang. Klik aja tanda tiket plus tanda tambah (tiket bukan sih? Kata saya sih mirip tiket iconnya :D) di sebelah kanan icon Search.
Isi Data Pribadi
Tinggal isi data pribadi dan data barang yang akan dijual. Isi dengan selengkap-lengkapnya ya, karena semakin lengkap dan jelas data kita, orang akan semakin yakin bertransaksi dengan kita. Setelah data lengkap, langsung klik “Pasang Iklan” di halaman terakhir. Jangan kaget kalau iklan tidak langsung tayang karena OLX akan memoderasi dulu iklan-iklan yang masuk apakah sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan. Poin-poin moderasinya adalah:

  • Dilakukan pengecekan gambar/foto yang digunakan oleh pemasang iklan.
  • Dilakukan pengecekan judul dan isi/deskripsi terhadap produk/barang/jasa yang dijual.
  • Pengecekan harga produk/barang/jasa yang ditawarkan.
  • Apabila pengecekan terhadap judul, isi/deskripsi, gambar produk/barang/jasa dan harga yang dijual sudah dilakukan dan saling berhubungan lalu tidak terdapat unsur-unsur yang melanggar aturan umum situs OLX.co.id dan hukum yang berlaku di Indonesia, maka iklan tersebut akan disetujui untuk ditayangkan pada situs OLX.co.id
Mudah kan. Sekarang, sila dilihat-lihat barang apa saja di rumah yang sudah tidak dipakai tapi masih layak jual. Daripada numpuk, lebih baik dijual aja di OLX. Lumayan hasil penjualan bisa buat beli barang baru kan 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *