Dapat Berkah Dari Yang Bekas

Setiap menjelang Lebaran Idul Fitri biasanya kita bebenah rumah. Ngecat ulang, ngebersihin pekarangan, ngerapihin perabotan. Dan biasanya juga akan ada tumpukan barang yang sudah lama kita simpan tapi sudah tidak dipakai lagi. Yang dibuang sayang. Mau dijual tapi nunggu tukang loak gak lewat-lewat, atau bawa ke pasar barang bekas gak ada kendaraan.

Nah, ada nih salah satu cara untuk “menyingkirkan” barang bekas di rumah kita, sekaligus beramal. Namanya Bekas Jadi Berkah yang diadakan OLX.co.id, sebuah situs iklan baris yang menampung penjualan barang bekas.

Apa sih Bekas Jadi Berkah? Ini saya kutip dari situsnya di bekasjadiberkah.id

#BekasJadiBerkah merupakan gerakan yang dipelopori oleh OLX Indonesia pada bulan Ramadhan 2014. Sukses mengajak user OLX untuk partisipasi pada tahun lalu, tahun ini, OLX Indonesia membawa kembali #BekasJadiBerkah dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terlibat dalam gerakan ini dan membantu sesama di sekitar kita.

Jadi nanti hasil penjualan barang bekas, bisa kita sumbangkan ke manapun yang kita inginkan. OLX berperan sebagai perantara iklan sehingga barang kita bisa dipajang secara online dan pembeli bisa mudah meneukannya. Secara ya sekarang kan apa-apa online.

Belum punya ide mau nyumbang ke mana? OLX bekerja sama dengan beberapa yayasan yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan:

Akademi Berbagi

Sebuah gerakan belajar gratis dengan kelas tatap muka dan sosialisasi mengggunakan online yang diinisiasi oleh @ainunchomsun demi meningkatkan skill dan soft skill untuk mahasiswa dan pekerja.

Website : http://akademiberbagi.org
twitter : @akademiberbagi
FB : Akademi Berbagi
Instagram : @aakademiberbagi
Nomor rekening : 070-00-0214635-0 Bank Mandiri cabang Mampang, atas nama : Ainun Niswati.

SMK ITACO (Imperial Technology, Automotive and Accounting College)

Sekolah kejuruan gratis di Bekasi yang di inisiasi oleh @suzieicus. Saat ini SMK ITACO mempunyai jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dengan total siswa 35 orang yang masih menggantungkan pembiayaan dari orang tua asuh.

http://smkitaco.wordpress.com
http://siswawirausaha.net
Facebook : Smk Itaco
Fanpage : Smk Itaco – Bekasi
Twitter : @smkitaco/@siswawirausaha
Rekening : 1670001346260 bank mandiri an yayasan Bakti Peduli Mandiri
Hp/WA : 085711433250

Save Street Child

Sebuah organisasi yang berawal dari gerakan di media massa yang diinisiasi oleh Shei Latiefah. Melalui akun @savestreetchild, 23 Mei 2011 yang lalu, gerakan ini bermetamorfosis menjadi sebuah organisasi independen yang mempersiapkan anak-anak marjinal yang memiliki akses pendidikan minim supaya dapat menjadi generasi penerus bangsa bekal yang memadai.

Website: savestreetchild.org
Facebook Fanpage: Save Street Child
Twitter:  @SaveStreetChild
Google+ : savestreetchild@gmail.com
Instagram: @savestreetchild

Taman Bacaan Pelangi

Organisasi nirlaba yang mendirikan perpustakaan anak-anak di daerah terpencil di Indonesia Timur bertujuan untuk menumbuhkan minat baca serta menyediakan akses buku-buku yang berkualitas bagi anak-anak yang tinggal di daerah pelosok di Indonesia bagian Timur.

Twitter: @pelangibook
Facebook: www.facebook.com/pelangibook
Visit our website at www.tamanbacaanpelangi.com 
Rekening : BANK BRI (Bank Rakyat Indonesia)
No. Rekening: 0206.01.005005.30.2

Coin A Chance

Inisiatif dari dua orang yaitu @beradadisini dan @nsadjarwo mengumpulkan koin untuk program beasiswa anak sekolah, dari mulai SD hingga lulus SMU. Program ini dimulai dari social media, kemudian berkembang ke berbagai kota dengan sistem drop coin dan penghitungan coin setiap bulan.

Website : coinachance.com
twitter : @coinachance
FB : Coin A Chance
Rekening : Yayasan Coin Anak Bangsa, Bukopin a.c. 450.1200.141

Komunitas Taufan

komunitas yang menggerakkan relawan dan donatur untuk mensupport
pasien anak dengan kanker dan penyakit beresiko tinggi lainnya (atresia bilier,
cerebral palsy, thalasemia, hydrocephallus, dll).

Website : www.komunitastaufan.org
Twitter : @komunitastaufan
FB : Komunitas Taufan / facebook.com/komunitastaufan.org
Instagram : @komunitastaufan
Rekening : Bank Mandiri, Cabang KK Jakarta Condet,
No. Rekening : 1290010517775

Komunitas Buku Berkaki

Komunitas yang bergerak pada penyediaan bacaan variatif untuk adik-adik di panti asuhan, rumah singgah maupun sekolah yang memiliki kesulitan akses terhadap buku bacaan.

Web/Blog : http://bukuberkaki.org
Twitter : http://twitter.com/BukuBerkaki
Facebook : http://facebook.com/BukuBerkaki
Youtube : http://www.youtube.com/user/BukuBerkaki
Instagram : @BukuBerkaki
Rekening : 0329-01-053604-50-4 BRI Cabang Jakarta Veteran a/n Vence Meyer Makawekes, SH

Pengin nyumbang ke tempat lain? Boleh. Bebas. Terserah mau nyumbang ke mana dan berapa dari hasil penjualan. Yang ditekankan di Bekas Jadi Berkah adalah saling berbagi. Saling memberi berkah. Kita mendapat berkah rumah yang bersih dari tumpukan barang tidak dipakai, penerima sumbangan mendapat berkah juga lewat sumbangan kita.

Saya baru saja bebenah rak buku. Ada lumayan banyak buku yang sudah saya baca dan tidak saya tengok lagi. Antara gak sempat saking seringnya beli buku, atau memang sekali dua kali baca sudah cukup. Mau disiapin dulu buat dipost di OLX.co.id. Kalau, insya Alloh, laku baru deh dipikirin mau disumbangkan ke mana hasil penjualannya.

Kalau kamu, mau jual apa? Udah tau mau disumbang ke mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *