Plantaar fasciitis saya dan minyak kutus-kutus

2016-04-06_03-38-29

Pesan minyak kutus-kutus ini ke kawan saya, Tika, gara-gara liat ada testimoni di Instagram yang bilang bisa meringankan plantar fasciitis.

2016-04-06_03-38-06

Apaan sih plantar fasciitis? Pernah gak kalau abis lari/jalan/bangun tidur/abis duduk agak lama, pas napak ada rasa sakit di telapak kaki bagian dekat tumit? Itu disebabkan oleh (hasil googling):

“Peradangan pada jaringan fibrosa tebal yang melintang dari tumit hingga jari kaki. Jaringan tersebut disebut plantar fascia dan berguna untuk menopang otot dan lengkungan telapak kaki serta menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki.”

Sejak pergelangan kaki keplitek 5 tahun lalu, telapak kaki saya bagian situ selalu nyeri tiap bangun tidur dan napak ke lantai. Bisa sampai pincang. Baru hilang sakitnya setelah beberapa lama dipakai jalan.

Makin parah setelah saya mulai aktif bergerak (jalan dan jogging) beberapa bulan ini. Selalu sakit begitu selesai kegiatan.

Kenal sama minyak ini gara-gara Tika lagi seneng-senengnya main minyak, lalu posting-posting cerita-cerita.

Saat itu sih belum tertarik. Tertariknya gara-gara liat testimoni yang saya ceritain di atas tadi. Akhirnya minggu lalu saya pesan edisi irit ini ke Tika buat nyoba. Ada kemasan yang lebih besar cuma saya males langsung beli itu. Ngenes juga kan yak kalo udah beli mahal ternyata bapuk XD

Saya pakai setiap abis olahraga, mau tidur, dan tiap inget. Saya balurin ke telapak kaki dan betis sambil dipijat sampai minyaknya meresap.

Hasilnya? Di hari kedua plantar fasciitis saya berkurang banyak sakitnya! Gak hilang, tapi (kalo mau main angka-angkaan) ada lah berkurang 70% mah. MEJIK! Saya gak senewen lagi buat napak tiap bangun tidur. Seandainya udah ketemu minyak ini dua minggu lalu pas saya kelar lari di Sentul mungkin saya gak perlu sampe minta es batu ke McD demi ngompres kaki :))

2016-04-06_03-38-56

Lomba 10K pertama saya di Sentul šŸ˜€

Sedikit info soal minyak kutus-kutus dan khasiatnya bisa dilihat di blognya Tika di sini. Atau bisa lihat di foto ini.

2016-04-06_03-41-31

PS: Buat penyembuhan plantar fasciitis secara total, beberapa kawan saya yang berkecimpung di dunia medis menyarankan untuk periksa kaki secara menyeluruh, terapi, dan kalau gak salah disuntik obat apa gitu. Coba cek ke dokter aja yah.

4 thoughts on “Plantaar fasciitis saya dan minyak kutus-kutus

    1. Ya ampuuun beneran dooong didatengin! Aku gak punya asam urat jadi gak tau sakitnya di mana, konon menjalar ke betis ya?

  1. waaah, gua mau coba! gua plantaar fasciitis juga, lumayan parah.. soalnya udah ke fisioterapi bolak-balik pun tetep aja.. sampe terapistnya nyaranin gua suntik aja di dokter (kalo ga salah sih suntik steroid, soalnya temen gua ada yang begitu juga – dia langsung ke dokter, ga fisioterapi).

    tapi sebelum itu, gua mau coba dulu ah kutus kutus ini..

    1. Ya ampun lo lebih parah dari gue. Gue segini aja udah kesel. Cobain, Vir. Pakenya sering-sering. Beneran 2 hari berkurang loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *