Berlari di Palembang

Untuk penggemar olahraga lari, mungkin hal pertama yang dicari ketika berkunjung ke suatu tempat adalah: tempat lari yang nyaman dan aman di mana ya? Syukur-syukur yang adem dinaungin pepohonan, yang banyak tukang jualan sehingga tidak repot saat merasa haus atau lapar atau keduanya, dan yang mudah dijangkau lokasinya. Yah minimal buat saya itu kriteria tempat olahraga idaman.

Dalam kunjungan ke Palembang ini saya iseng mencari tahu tempat berolahraga yang memiliki semua hal tersebut, mumpung lagi seneng-senengnya lari-lari kecil. Dari kawan-kawan seperjalanan tercetuslah dua nama lokasi yang disarankan. Saya mengunjungi dua tempat tersebut secara langsung.

2016-05-11_05-10-49

Kambang Iwak Besak

Kambang Iwak merupakan taman tertua di Palembang, dibangun oleh Belanda pada sekitar tahun 1900an sebagai tempat rekreasi keluarga mereka yang tinggal di wilayah pemukiman sekitar Kambang Iwak Besak.

2016-05-11_05-12-07

KIB memiliki jogging track sepanjang 800 meter mengelilingi danau buatan dan taman bermain. Di sekitarnya ditanami berbagai pepohonan yang menjaga taman sehingga tetap adem dan berudara cukup segar walaupun cuaca terik. Di sekitar KIB terdapat beberapa pedagang asongan maupun kafe-kafe yang bisa disambangi untuk sekedar ngopi maupun makan berat.

2016-05-11_05-11-36

KIB juga dilengkapi beberapa peralatan olahraga kardio yang sayangnya sebagian sudah rusak tak terawat. Ada juga taman bermain untuk anak-anak dan kawasan internet dengan hotspot. Taman ini akan lebih menyenangkan apabila dirawat oleh para pengguna dan pemerintah setempat.

2016-05-11_05-12-43

Setiap Rabu malam jam 18.45 dan Sabtu pagi jam 06.00 biasanya ada acara lari bersama komunitas Palembang Runners di sini.

 

2016-05-11_05-06-34

Jakabaring Sport City

Memasuki JSC ini saya terkagum-kagum akan betapa bersih, luas, dan terawatnya tempat ini. Awalnya tempat ini dibangun untuk fasilitas Pekan Olah Raga Nasional 2004, terdiri dari 1 stadion utama dan dua lapangan indoor. Pada tahun 2011 untuk memfasilitasi SEA Games, maka fasilitas Jakabaring ditambah menjadi:

  1. Gelora Sriwijaya
  2. Dempo sport hall
  3. Ranau sport hall
  4. Stadion atletik
  5. Aquatic center
  6. Lapangan baseball dan softball
  7. Lapangan tembak
  8. Asrama atlet
  9. Danau buatan untuk olahraga air (mendayung, ski air, dan perahu naga)
  10. Lapangan golf

Kebayang kan besarnya?

Untuk masuk ke sini pengunjung dikenakan biaya per kendaraan. Rp 10.000/mobil dan Rp 5.000/motor. Untuk lokasi secantik dan seluas ini saya sama sekali tidak keberatan.

2016-05-11_05-13-09

Penggemar olahraga lari bisa memilih lari di jalur aspal di jalan-jalan di dalam komplek Jakabaring, atau lari di jalur pasir di dalam Gelora Sriwijaya. Enaknya lari di jalan aspal komplek, banyak pohon untuk menghindari sorotan matahari sore atau pagi, juga cukup banyak pedagang sebagai pelipur lara saat haus atau lapar.

2016-05-11_05-09-34

Setiap Minggu jam 06.00 biasanya Palembang Runners mengadakan lari bareng di Jakabaring Sport City ini.

Ada usulan tempat lari di lokasi kamu?

8 thoughts on “Berlari di Palembang

  1. (hampir) setiap minggu aku juga datang ke stadion Jakabaring sepedaan trus sambung lari. Untuk olahraga lokasi ini emang kece banget! Sayang di sisi lain ada area kulinernya juga *menatapnanarkeperut hahahaha

  2. Orangtuaku ke Palembang minggu lalu. Sebagai warga Bandung kronik, kesan mereka terhadap Palembang adalah Palembang itu panas. Dan pemda kota sedang sibuk berbenah karena konon mau ada event olahraga lagi di sini. Sehingga kiranya berantakan.

    Tapi tulisan tentang Taman kota dan kompleks olahraga di Palembang ini membuat aku nyadar kalau Palembang lebih bagus daripada cerita orangtuaku.

    Sayang aku nggak bisa ke Muai Triathlon, kalau ya, kayaknya aku sudah melihat Palembang dengan mata kepala sendiri 😀

    1. Panasnya bener. Berantakan konstruksinya bener juga. Sebaiknya ke Palembang sekitar akhir 2018 kalau mau lebih rapi. Konstruksinya rampung awal/pertengahan 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *