Pesona Palembang di Jembatan Ampera dan Sungai Musi

Kalau ke Palembang, wajib banget ke dua tempat ini, Jembatan Ampera dan Sungai Musi. Jembatan Ampera membentang sepanjang sekitar 1.117 meter dengan lebar 22 meter dan tinggi 11 meter dari permukaan air. Jembatan Ampera ini diresmikan tanggal 30 September 1965 oleh Jenderal Ahmad Yani, tepat beberapa jam sebelum beliau menjadi korban peristiwa G30S/PKI. Awalnya jembatan ini direncanakan diberi nama Jembatan Bung Karno, namun Bung Karno tidak setuju karena kuatir menjadi pengkultusan yang tidak perlu.

2016-05-10 11.36.52 1-01

Awalnya bagian tengah Jembatan Ampera bisa dinaikturunkan untuk memberi jalan bagi kapal-kapal besar yang akan lewat. Total waktu menaikturunkan jembatan dan memberi kesempatan lalu lintas sungai untuk lewat adalah sekitar 30 menit. Hal tersebut kelamaan menjadi keberatan para warga Seberang Ulu dan Seberang Ilir karena dianggap mengganggu lalu lintas darat. Seberang Ulu dan Seberang Ilir adalah nama dua daerah yang dipisahkan Sungai Musi dan dipersatukan Jembatan Ampera. Selain itu juga Sungai Musi lama kelamaan mengalami pendangkalan yang mengakibatkan kapal-kapal besar kesulitan dan lama kelamaan tidak bisa melayari sungai tersebut. Karena hal-hal tersebut maka pada tahun 1970 Jembatan Ampera tidak lagi dinaikturunkan dan tahun 1990 bandul pemberat di bagian tengah jembatan yang awalnya digunakan untuk menaikturunkan jembatan, dilepas.

Jembatan Ampera yang cantik terlihat semakin cantik di malam hari setelah diberikan lampu berwarna-warni sebagai hiasannya. Datanglah sekitar jam 18.00 untuk menyaksikan lampu-lampu tersebut mulai dinyalakan.

Palembang Trip

SUNGAI MUSI

Pertama kali saya lihat Sungai Musi yang saya pikirkan adalah, arusnya deras ya, repot juga kalau sampai terpaksa berenang di sana 😀 Sungai sepanjang 750 km ini mengairi sebagian besar propinsi Sumatera Selatan. Sungai Musi menjadi jantung transportasi dan perekonomian Kerajaan Sriwijaya di abad 7 sampai abad 13.

DSC01133_1

Sungai Musi juga dikenal sebagai Sungai Batanghari Sembilan karena ada 9 sungai besar (termasuk Musi) yang bermuara di sana: Komering, Rawas, Leko, Lakitan, Kelingi, Lematang, Semangus, Ogan, dan Musi. Sungai Musi memiliki banyak lokasi wisata di sekitarnya, antara lain:

  • Jembatan Ampera
  • Benteng Kuto Besak
  • Restoran terapung Riverside
  • Restoran terapung Warung Legenda
  • Rumah Rakit
  • Pulau Kemaro
  • Bagus Kuning
  • Sungai Gerong
  • Pasar 16 Ilir
  • Kampung Kapitan
  • Kampung Arab

Beberapa di antaranya akan saya tuliskan nanti. Jadi kapan mau ke Palembang?

DSC01174

 

PS: Perjalanan ini adalah undangan dari Kementerian Pariwisata Indonesia. Sila mampir ke Twitter dan Instagram dengan hashtag #PesonaPalembang #PesonaIndonesia untuk melihat oleh-oleh dari para blogger yang diundang.

2 thoughts on “Pesona Palembang di Jembatan Ampera dan Sungai Musi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *