Pesona Garut: Pantai Santolo

Berikutnya dalam rangkaian Pesona Garut, adalah kunjungan ke pantai. Pantai yang kami kunjungi bernama Pantai Santolo. Lokasinya sekitar 90 kilometer dari Kota Garut dengan trek jalan yang aduhay meliuknya. Aspal sih. Mulus sih. Tapi dahsyat kelok-keloknya : )) Pastikan sebelum berangkat dari Garut kamu tidak makan terlalu banyak, tidak duduk di kursi paling belakang kendaraan, dan menatap ke depan, kalau mudah mabuk darat. Karena kalau semua itu dilanggar, dijamin kamu bisa mengucapkan selamat tinggal ke makanan yang kamu makan sebelum berangkat XD

Ada beberapa rute jalan yang dapat dipergunakan untuk tiba di Pantai Santolo ini. Jalur pertama melalui terminal Garut dilanjutkan ke Santolo. Jalur Lainnya adalah melewati Cianjur – Cidaun – Rancabuaya – Santolo. Jalur terdekat untuk wisatawan dari Bandung ialah melewati Ranca Bali – Naringgul – Cidaun – Rancabuaya – Santolo. Wisatawan dari Bandung juga bisa melalui jalur alternatif yaitu melalui Pangalengan.

Kunjungan kami ke Pantai Santolo sayangnya terlalu siang sehingga kami tiba di sana menjelang matahari terbenam. Sudah sepi sekali dan ombak sudah tinggi.

Sebutan lain Pantai Santolo adalah Pantai Cilauteureun. Cilauteureun bisa diartikan sebagai “air laut yang berhenti”, karena air laut di muara Cilauteureun polanya terbalik. Bukannya mengalir ke laut, malah balik kembali ke muara. Hal ini disebabkan karena permukaan laut lebih tinggi dari permukaan sungai. Konon fenomena ini hanya ada dua di dunia, Pantai Santolo Indonesia dan Perancis.

Di Pantai Santolo ini ada terdapat area yang diisi oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), yang digunakan untuk peluncuran roket. Begitu masuk area pantai, ada sebuah monumen berbentuk roket, tepat di gerbang masuk LAPAN/

Pantai Santolo Garut

Mbak Wiwik lari dikejar ombak 😀

Perjalanan ini adalah undangan dari Kementerian Pariwisata Indonesia. Sila mampir ke Twitter dan Instagram dengan hashtag #PesonaGarut #PesonaIndonesia untuk melihat oleh-oleh dari para blogger yang diundang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *