Pesona Garut: Wisata Darajat

Selesai menikmati Gebyar Budaya Garut 2017, Kawasan Darajat sudah menanti di agenda untuk dikunjungi. Wisata yang terkenal di sini adalah Darajat Pass Waterpark dan Kawah Darajat.

  • Darajat Pass

Lokasinya sekitar 23 km dari kota Garut dengan ketinggian 1700 mdpl. Udaranya sejuk banget, dan saat kami ke sana tidak terlalu ramai. Mungkin karena hari kerja dan pagi hari ya. Isinya Darajat Pass? Macam-macam, kebanyakan berupa kolam-kolam pemandian air panas dan wahana khas waterpark sebagai penambah keriaan. Ada juga flying fox, trampolin, ATV road, dan berkeliling menaiki kuda. Selain itu ada juga beberapa kamar dan bungalow yang bisa disewa untuk menginap bersama keluarga maupun teman-teman.

Berbagai perusahaan biasanya memilih lokasi ini sebagai tujuan outing karena sangat cocok untuk dewasa dan anak-anak, rombongan anak TK, SD, pelajar SMP, SMA dan mahasiswa sampai dengan rombongan keluarga dari berbagai usia bisa menikmati kegembiraan bersama di Darajat Pass.

Kawasan Darajat Garut

ADA YANG JUAL CIMOL! *mudah bahagia*

Sumber: Adam dan Susan dari pergidulu.com

  • Kawah Darajat

Kawah Darajat merupakan lokasi pegunungan di Desa Padawaas, Kecamatan Pasirwangi, Garut. Ketinggian Kawah Darajat ini sekitar 1.920 meter di atas permukaan laut, dengan konfigurasi umum lahan yang berbukit dan berlembah dengan tingkat kemiringan lahan yang agak curam dan stabilitas tanah yang cukup baik serta daya serap tanah yang cukup.

Tempat ditemukannya sumber panas bumi  ini saat ini dijadikan Pwmbangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Kawah Darajat terletak berdekatan dengan Kawah Kamojang di perbatasan Garut dan kabupaten Bandung.

Saat ini PLTP Darajat dikelola oleh Amoseas Indonesia Inc, anak perusahaan Chevron Texaco yang merupakan pionir dalam proyek pengelolaan panas bumi. Dalam mengelola PLTP Darajat, Amoseas bermitra dengan PT Pertamina dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui anak perusahaannya, Indonesia Power. Energi listrik yang dihasilkan oleh ketiga sumur itu cukup besar dan memenuhi pasokan listrik untuk wilayah Jawa dan Bali.

Dalam perkembangannya, kawah darajat menjadi komoditas wisata yang cukup menjanjikan. banyak lokasi lokasi wisata seperti, waterpark air panas, hotel, outbond yang jika saat liburan tiba kawasan ini sangat penuh, hingga menyebabkan kemacetan yang cukup panjang.

(sumber Wikipedia)

Kunjungan kami ke Kawah Darajat yang juga dilakukan di hari kerja dan relatif pagi hari membuat kami merasa memiliki Kawah karena…. gak ada pengunjung lain lagi 😀 Baru terlihat pengunjung lain berdatangan setelah kami bergerak pulang, sekitar jam 1 siang. Walaupun matahari terang benderang, semilir angin membuat kawasan kawah terasa sejuk, kecuali kalau dekat-dekat sumber air panas yah. Ya iyalah 😀

Kawasan Darajat Garut

Salah satu tim pesona Indonesia, Leonita, sedang berpose di depan kawah

Kawasan Darajat Garut

Mbak Wiwik pose juga

Kawasan Darajat Garut

Saya gak mau kalah 😀

Kawasan Darajat Garut

Menuju kawah

Perjalanan ini adalah undangan dari Kementerian Pariwisata Indonesia. Sila mampir ke Twitter dan Instagram dengan hashtag #PesonaGarut #PesonaIndonesia untuk melihat oleh-oleh dari para blogger yang diundang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *