Pesona Toraja: Yesus memberkati dan melindungi Makale dari puncak Buntu Burake

Langit sore Buntu (gunung/bukit) Burake sedang sedikit mendung saat saya memasuki gerbang penanda wilayah wisata religi Patung Tuhan Yesus. Berdiri megah di puncak Buntu Burake, Tana Toraja, yang memiliki ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut adalah Patung Tuhan Yesus setinggi 45 meter. Patung Tuhan Yesus ini menghadap kota Makale dengan tangan terkembang seolah memberikan berkat, sehingga patung ini juga dikenal sebagai Patung Tuhan Yesus Pelindung Makale.

Patung Yesus - Buntu Burake, Toraja.

Patung ini dibuat oleh seniman Yogyakarta bernama Supriadi, dibantu dengan tim pengecor perunggu, yaitu Wardoyo Suwarto. Dibuat atas inisasi Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dengan tujuan memajukan pariwisata Tana Toraja.

2017-04-18_12-07-09

Saat saya tiba di sana, sarana dan prasarana Patung Tuhan Yesus masih terlihat belum selesai pembangunannya. Jalannya yang berkelok dengan tanjakan dan turunan curam masih belum berupa aspal mulus. Pengendara semua kendaraan wajib berhati-hati saat melewatinya karena banyak pasir dan kerikil tajam. Menuju pelataran pun sebagian jalannya masih berupa batu-batu tajam. Hati-hati melangkah ya.

Pak Naja, tour guide kami, sedang melangkah menuju pelataran Patung Yesus.

Setiba di lapangan parkir kami menaiki tangga yang cukup curam dengan bebatuan yang tajam di beberapa tempat untuk mencapai pelataran Patung Tuhan Yesus. Tangga tersebut kemudian bertemu tangga lain yang terbagi dua antara yang naik ke kaki Patung Tuhan Yesus dan turun ke lembah untuk memotret patung tampak depan.

Mbak Terry dari blog.negerisendiri.com sedang menaiki tangga menuju pelataran Patung Yesus.

Saya terpana melihat Patung Tuhan Yesus ini. Tingginya sekitar 40 meter dan konon merupakan patung Yesus tertinggi di dunia mengalahkan patung Yesus di Rio de Janeiro, Brasil. Setidaknya kalau dihitung melalui ketinggian dari permukaan lautnya. Patung Kristus Penebus di Brazil berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut.

Patung Yesus tampak belakang

Pemandangan yang berada di hadapan patung ini sungguh menakjubkan. Kota Makale secara utuh yang dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan. Kota ini memiliki jarak sekitar 310 km dari Makassar. Perjalan menuju kota kecil ini dapat dicapai dengan bis selama 7 jam atau menggunakan pesawat Casa selama 30 menit.

Pemandangan Kota Makale dari kaki Patung Yesus.

Makale terletak di ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut sehingga udara di kota ini sangat sejuk. Kehidupan sehari-hari masyarakat masih banyak dipengaruhi oleh adat istiadat Toraja sehingga tempat ini sangat bagus untuk dijadikan tempat berlibur.

Makale dari kaki Patung Yesus

Kembali ke Patung Tuhan Yesus, ada sekitar 400-500 anak tangga secara keseluruhan yang akan mengantar kita ke kaki Patung Tuhan Yesus ini. Mungkin sebagai gambaran penderitaan dan kesusahan Yesus sebelum penyalibannya. Well, setidaknya ratusan anak tangga tersebut bisa memperkuat otot jantung saat naik dan otot paha serta lutut saat turun πŸ˜€ Tidak perlu kuatir haus dan lapar atau soal istirahat sejenak saat menaiki dan menuruni tangga karena di sekitar tangga banyak pedagang makanan dan minuman yang tidak berkeberatan kita tumpangi sejenak untuk mengistirahatkan kaki.

2017-04-18_12-09-30

Puncak Buntu Burake tempat Patung Tuhan Yesus ini berada terletak sekitar tiga kilometer arah timur kota Makale, yang merupakan ibukota kabupaten Tana Toraja. Tak terlalu jauh dari kolam Makale, ke arah Rantepao, terdapat lorong di depan SMA 2 Makale yang cukup menanjak, di sebelah kanan jalan. Lorong tersebut akan membawa kita menuju puncak Buntu Burake.

Saya sarankan untuk datang ke sini antara pagi sebelum jam 10 pagi atau sore setelah jam 3 sore supaya cuaca cukup bersahabat dan kalau beruntung cuaca cerah, mungkin bisa menikmati matahari terbenam di sore hari.

2017-04-18_12-16-13

Perjalanan ini adalah undangan dari Kementerian Pariwisata Indonesia. Sila mampir ke Twitter dan Instagram dengan hashtag #PesonaToraja #PesonaIndonesia untuk melihat oleh-oleh dari para blogger yang diundang, atau di blog kawan-kawan seperjalanan saya: Reh Atemalem dan Terry Endropoetro.

16 thoughts on “Pesona Toraja: Yesus memberkati dan melindungi Makale dari puncak Buntu Burake

    1. Iya kalau sepi pasti asik banget deh. Pas kami ke sana untungnya gak terlalu ramai jadi asik foto-fotonya πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *